Widget HTML #1

Cara Mengembalikan Kode CNAME yang hilang saat custom domain blogspot

Cara Mengembalikan Kode CNAME yang hilang – Pernahkah kamu mengalaminya? Saya beberapa kali mengalami ini. Namun, saat menemui masalah itu, saya memilih tidak mencarinya. Repot. Karena menggunakan CNAME www dengan target ghs.google.com sudah cukup. Ternyata saya salah. Memang, hanya dengan menggunakan CNAME yang saya sebut sebelumnya ini, blog kita masih bisa diakses. Namun, setiap blog memiliki kode sendiri kaitannya dengan CNAME ini.

Memang bisa hilang?

Bisa. Biasanya, kasusnya adalah, kita pernah menambahkan custom domain pada blog kita itu sebelumnya. Jadi statusnya sudah terverifikasi. Seiring berjalannya waktu, kita memilih untuk memindahkan blog kita ke platform lain, misalnya wordpress. Jadi, kita hapus custom domain kita di blogspot, lalu kita pindah ke WordPress.

Makin lama ‘main’ di WordPress, eh.. kita mau balik lagi nih ke blogspot. Nah, saat balik inilah biasanya kode CNAME kedua selain www dengan target ghs.google.com tidak akan muncul. Kenapa? Karena blog kita sudah terverifikasi di Search Console.

Lalu bagaimana Mengembalikan kode CNAME yang hilang saat custom domain?

1. Mengakses Webmaster Central (Google Search Console)

Langkah pertama apabila kamu tidak menemukan kode CNAME adalah kamu bisa mengakses Webmaster Central melalui link berikut : https://www.google.com/webmasters/verification/details.

Akan lebih enak kalau kamu sudah login ke akun Google.

2. Memilih Domain

Setelah berhasil mengakses Webmaster Central, nama domain yang telah kamu daftarkan dalam custom domain blogger akan ditampilkan. Silakan klik Verification details/ Detail Verifikasi pada domain yang akan kamu lihat kode CNAME nya.

3. Melihat Kode CNAME Record

Untuk melihat kode CNAME record, kamu bisa klik Unverify pada kolom Verified Owners. Selanjutnya akan muncul kode CNAME blog milikmu di situ.

Langkah berikutnya, kamu login ke cpanel domain milikmu, lalu tambahkan CNAME ini ke DNS domain, melengkapi 5 record lain yang sudah ada.

Mohammad Fanirifanto
Mohammad Fanirifanto Orang biasa saja. Menulis di blog untuk berbagi informasi saja. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan Kode CNAME yang hilang saat custom domain blogspot"